Minggu, 29 Desember 2013

Sumber penghimpunan dana Bank

Sumber penghimpunan dana Bank

Semua bank akan berusaha memenuhi kebutuhannya dalam menjalankan operasionalnya termasuk kebutuhan akan dana sehingga bank harus memiliki sumber yang dimanfaatkan dalam menjalankan usahnya, sumber dana bank pada umunya terdiri dari 4 alternatif, alternatif-alternatif tersebut diantarnaya adalah :
1.      Dana sendiri
2.      Dana dari deposan
3.      Dana pinjaman
4.      Seumber dana lain
Kita akan bahas satu persatu, apakah definisi dan isi dari masing-masing sumber dana tersebut.
a.       Dana sendiri
Bank sentral yang merupakan ibu dari bank-bank yang ada dinegara ini pun sangat menekankan betapa pentingnya modal sendiri terhadap perjalanan suatu bank, bank sentral mengatur tentang proporsi minimal modal sendiri dibandingakan dengan aktiva tertimbang menurut resiko, ataupun lebih dikenal dengan rasio kecukupan modal ataupun CAR.

b.      Dana dari deposan
Pada umumnya dana dari deposan dapat berupa Giro, tabungan, deposito berjangka yang berasal dari perorangan ataupun badan.

b.1. giro
simpanan masyarakat yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menerbitkan cek untuk penarikan tunai atau bilyet giro untuk pemindahbukuan sedang cek atau bilyet giro oleh pemilik dapat digunakan untuk alat pembayaran.

b.2. deposito berjangka
simpanan masyarakat yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu sesuai dengan tanggal yang diperjanjikan antara deposan dengan pihak bank.

b.2. tabungan
tabungan merupakan simpanan masyarakat yang penarikannya hanya dapat dilakukan dengan syarat tertentu yang telah disepakati dan tidak dengan bilyet giro ataupun dengan cek ataupun yang dapat dipersamakan dengan itu.

b.3. dan cara yang lain
- sertifikat deposito
- deposit on call
- rekening giro terkait tabungan

c.       Dana pinjaman
Yang diperboleh dalam perjalannya sebuah bank anatara lain :
1.      Call money
Sumber dana yang dapat diperoleh bank berupa pinjaman jangka pendek dari bank lain melalui interbank call money market
2.      Pinjaman antarbank
Kebutuhan pendanaan kegiatan usaha suatu bank dapat juga diperoleh dari pinjaman jangka pendek dan menengah dari bank lain
3.      Kredit likuiditas bank Indonesia
Kredit yang diberikan bank indonesia terutama kepada bank yang sedang mengalami kesulitan likuiditas.

d.      Sumber dana lain
Selain dana dari sendiri ataupun dari deposan dan pinjaman sember penghimpunan dana dapat juga berasal dari sumber-sumber lain yang tidak dapat digolongkan dalam jenis dana yang ada sebelumnya.
1.      Setoran jaminan
Sejumlah dana yang wajib diserahkan oleh nasabah yang menerima jasa-jasa tertentu dari bank
2.      Dana transfer
Salah satunya adalah pemindahan dana, pemindahan dana tersebut dapat berua pemindahan dana antarbank, dari uang tunai kesuatu rekening atau dari suatu rekening untuk kemudian ditarik tunai.
3.      Surat berharga pasar uang
Salah satu instrumen yang digunakan pihak bank untuk menghipun dana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tag